Menu Nasi Liwet Sunda di Rumah Makan Bumi Aki

Semakin banyaknya restoran dan café di kota-kota besar, memudahkan setiap orang untuk mencari tempat makan. Adapun menu-menu yang disajikan di café atau restoran tersebut beragam. Mulai dari menu Western,Oriental, hingga Tradisional.

 

Salah satu tempat makan dengan menu Tradisional dan terbilang recommended, bahkan banyak yang mencari, yaitu tempat makan yang menyajikan menu makanan Sunda. Hal ini dikarenakan menu makanan sunda terbilang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

 

Selain itu, salah satu alasan mengapa banyak orang senang makan makanan sunda, karena makanan sunda mempunyai rasa yang gurih dan juga segar. Adapun salah satu tempat makan Sunda yang banyak dikenal, yaitu Rumah Makan Bumi Aki. Rumah makan yang bernuansa alam dengan menyajikan masakan Sunda ini mempunyai beberapa cabang seperti di Puncak dan di Bogor.

 

Rumah makan yang mempunyai konsep tempat makan keluarga ini menerapkan budaya orang-orang Sunda yang senang sekali berkumpul sambil menyantap sebuah makanan. Nah, salah satu menu yang cocok dihidangkan saat kumpul-kumpul, yaitu menu nasi liwet.

 

Di Rumah Makan Bumi Aki pun menyajikan menu tersebut, bahkan dilengkapi dengan lauk dan juga lalapannya seperti empal goreng, ayam goreng kampung, tempe mendoan, tahu goreng, lalap sambal, kerupuk, ikan asin peda, pencok kacang. Dengan lauk pauk yang sederhana, nasi liwet sudah sedap untuk disantap. Namun dibalik kesederhanaannya, nasi liwet ini mempunyai cerita yang unik lho!

 

Sejarah Nasi Liwet Sunda

 

Nasi Liwet di Sunda tidak hanya sebuah makanan, tapi juga mempunyai sebuah cerita di dalamnya. Nasi liwet merupakan makanan yang melambangkan sebuah kesederhanaan, mengapa? Pada awal kemunculan nasi liwet khas Sunda, ini adalah bentuk penghematan dari kaum bawah di tanah Sunda.

 

Zaman dahulu, masyarakat Sunda banyak yang berkebun, dan karena perkebunan jauh dari sumber makanan, maka mereka membawa bekal nasi liwet dengan tempat memasak, ketel yang tertutup rapat. Hal tersebut dilakukan agar nasinya dapat bertahan dari pagi sampai siang, bahkan tetap hangat ketika disantap.

 

Selain itu, agar tahan lama, orang Sunda memasak lauknya bersama dengan nasi yang sudah setengah matang. Adapun lauk untuk nasi liwetnya pun sangat khas, yaitu ikan peda merah dan bisa juga ikan Asin. Orang Sunda memang terbilang sederhana, karena cukup dengan ikan asin, lalapan, dan sambal sudah cukup untuk makan.

 

Jadi, untuk Anda yang sedang mencari tempat makan sunda di daerah Bogor atau Puncak, Anda bisa mampir ke Rumah Makan Bumi Aki. Ini merupakan restoran keluarga di Bogor yang sangat cocok menjadi tempat berkumpul bagi keluarga atau teman yang datang dengan jumlah besar.

 

 

Tertarik Untuk Mencicipi Nasi Liwet di Rumah Makan Bumi Aki?

 

Berikut Harga Menu Nasi Liwet di Rumah Makan Bumi Aki

 

  • Menu Nasi Liwet Komplit Empal – Rp.132.816.00

 

Terdiri dari nasi liwet, empal goreng, tempe mendoan, tahu goreng, lalap sambal, kerupuk, ikan asin peda, pencok kacang

 

  • Menu Nasi Liwet Komplit Ayam Kampung – 112.245.00

 

Adapun isi dari nasi liwet komplit terdiri dari ayam goreng kampung potong, tempe mendoan, tahu goreng, ikan asin peda, pencok kacang, lalapan, sambal beledag, dan kerupuk.

 

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda cek melalui website rumah makan Bumi Aki di https://www.bumiaki.com

Other Articles